Eksterior Istana Kepresidenan karya I Nyoman Nuarta.
Sumber :
  • Instagram @nyoman_nuarta

Asal Usul "Nusantara" Dipilih jadi Nama Ibu Kota Baru Pengganti Jakarta

Selasa, 18 Januari 2022 - 09:11 WIB

Jakarta - Pemerintah telah memutuskan "Nusantara" menjadi nama ibu kota Negara (IKN) yang lokasinya berada di Kabupaten Penajam Paser Utara. Penetapan nama Nusantara dirilis secara resmi oleh Menteri PPN/ Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa pada Senin (17/1/2022). 

"Saya baru mendapatkan konfirmasi dari Bapak Presiden Jokowi pada Jumat (14/1/2022) dan beliau mengatakan Ibu Kota Negara (IKN) ini namanya Nusantara," kata Suharso.

Suharso memaparkan, Nusantara dinilai sudah dikenal sejak dulu dan menjadi iconic Indonesia di mata internasional. Nusantara juga menggambarkan wilayah geografis yang maritim di mana terdapat banyak pulau-pulau dan disatukan oleh lautan.

Dari situ pula, menurut Suharso, terungkap sebuah pengakuan kemajemukan geografis yang melandasi kemajemukan budaya etnis.

"Nusantara itu sebuah konsep kesatuan yang bersedia mengakomodasi kemajemukan itu dan Ibu Kota Indonesia dengn nama itu mengungkapkan," tambah Suharso.

Nama Nusantara terpilih dari 80 calon nama yang sebelumnya diajukan. Beberapa nama tersebut yang batal digunakan sebagai nama IKN diantaranya, Negara Jaya, Nusa Karya, Cakrawalapura, Nusantara Jaya dan Pertiwipura.

Untuk menentukan nama Ibu Kota Negara, pemerintah, kata Suharso, melibatkan sejumlah ahli sejarah dan ahli bahasa untuk menentukan nama ibu kota yang baru. "Kami panggil para ahli bahasa, ahli sejarah, kemudian mereka yang punya otoritas untuk memberikan knowledge kepada kami, para pakar itu, untuk memilih kata-kata yang paling tepat," ujar Suharso.
 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral