Gawat! Megatrust Bikin Gempa Besar.
Sumber :
  • timtvone - Asep Bar Bara

Gawat! Megathrust Berpotensi Timbulkan Tsunami di Selatan Jawa

Selasa, 18 Januari 2022 - 21:58 WIB

Bandung, Jawa Barat - Badan Metereologi dan Geosfisika (BMKG) Bandung menyatakan jika peristiwa Megathrust akan menimbulkan gempa hingga 8,7 Magnitudo di Laut Selatan Pulau Jawa. Hal ini diungkapkan oleh tim peneliti dari BMKG Bandung.

Megathrust adalah pergerakan besar lempeng bumi. Peristiwa ini ditimbulkan karena adanya dorongan dari lempeng Indo-Australia ke lempeng Eurasia menuju arah utara. Hal ini menyebabkan kawasan lempeng Eurasia menjadi sering mengalami retakan hingga menimbulkan gempa.

Dalam hasil penelitian tersebut, selain gempa, Megatrust juga akan menimbulkan bencana Tsunami hingga kerusakan parah di sebagian pulau Jawa. Selain itu, tabrakan antara dua lempeng tersebut juga dapat mengaktifkan pergerakan sesar yang ada di pulau Jawa. Rasmid, Koordinator Data dan Informasi BMKG Bandung mengatakan bahwa bencana tsunami akibat Megathrust akan sangat berbahaya di sekitar selatan Jawa, "Untuk tsunaminya ya, yang di selatan pulau Jawa itu akan terkena dampak di Selat Sundsa juga di sekitar Lampung misalnya, tapi mungkin yang lebih tinggi gelombang yang datang ya di sekitar pantai selatan Jawa Barat" ungkapnya.

Untuk mengantisipasi Megathrust BMKG sudah memasang rambu-rambu di titik rawan bencana gempa di kawasan selatan pulau Jawa.

(Asep Bar Bara. SHP)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral