Petugas Jaga Akses Rusun Pasar Rumput yang Kini Dijadikan Lokasi Perawatan Pasien Covid-19.
Sumber :
  • Aseani Sethiorini

19 Pasien Covid-19 Dirawat di Rusun Pasar Rumput

Selasa, 20 Juli 2021 - 13:48 WIB

Jakarta – Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput di Manggarai, Jakarta Selatan, mulai menampung pasien Covid-19. Lokasi karantina pasien Covid-19 itu sudah mulai dioperasikan sejak dua hari lalu, dan saat ini telah menampung 19 orang/

Berdasarkan data yang diterima tvOnenews.com, belasan pasien yang sedang menjalani isolasi di Rusun Pasar Rumput, tersebut terdiri dari lima laki-laki, sebelas perempuan, dan tiga anak.

Rusun Pasar Rumput dioperasikan untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah pasien Covid-19 di Ibu Kota. Ada tiga tower yang disiapkan sebagai lokasi perawatan orang positif Covid-19. Untuk saat ini yang digunakan sementara hanya satu tower dari lantai 8 hingga lantai 25.

Setiap tower di Rusun Pasar Rumput memiliki total kamar sebanyak 553 kamar dengan tiga tempat tidur di setiap kamarnya. Total daya tampung atau kapasitas tempat tidur yaitu 1.659 bed. Sehingga, masih ada 1.640 tempat tidur yang bisa digunakan.

Rusun Pasar Rumput ini diperuntukkan bagi pasien tanpa gejala maupun gejala ringan. Untuk bisa dirawat di sini, pasien terlebih dahulu memiliki surat rujukan yang dikeluarkan oleh puskesmas sesuai dengan daerah domisili.

Di rusun ini disediakan sejumlah fasilitas olahraga seperti lapangan bulutangkis, tenis meja, maupun lapangan untuk kegiatan senam. Sementara untuk kebutuhan makan dan minum pasien, pengelola menyiapkan katering.

Sebanyak 66 tenaga kesehatan (nakes) ditugaskan di sini. Selain itu ada puluhan personel  TNI dan Polri untuk membantu keamanan. Sementara untuk menyiapkan kebutuhan logistik pasien di kamar rusun ini disiagakan 100 personel tim reaksi cepat. (aseani/see/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:35
03:20
01:47
02:02
00:54
07:24
Viral