Sapi Terbesar di Jateng, Kurban dari Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Abdul Rohim

Sapi Kurban Jokowi Juara Se-Jawa Tengah

Rabu, 21 Juli 2021 - 09:14 WIB

Rembang, Jawa Tengah- Pada Hari Raya Iduladha tahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban 35 ekor sapi. Satu ekor sapi untuk Masjid Istiqlal dan 34 ekor sapi dibagi-bagikan untuk setiap provinsi. Untuk Jawa Tengah (Jateng), Jokowi menyiapkan sapi kurban berbobot 1.004 kilogram. Dengan bobotnya yang super jumbo, sapi ini menjadi juara pertama lomba sapi lokal tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Sapi berusia empat tahun ini merupakan jenis peranakan Jawa lokal atau ongol dan berasal dari Desa Sendang Agung, Kabupaten Rembang.

Jokowi sudah memesannya tiga bulan yang lalu, ketika bobotnya masih 890 kilogram.

Sempat ada pihak lain yang juga menaruh minat pada sapi itu. Namun, penjual berkomitmen menyerahkan sapinya kepada Jokowi dengan harga Rp90 juta.

"Dibuatkan penawaran harga ke Pak Jokowi, dari harga yang saya minta seratus (juta), terus ditawar sembilan puluh," ujar Inayah, pemilik sapi yang dijual kepada Jokowi, "Memang saat itu ada yang cari, bos kapal. Dikasih yang di bawahnya itu nggak mau. Pinginnya minta yang itu. Tapi saya kan sudah dari awal ada komitmen sama Dinas Peternakan. Nggak apa-apa, Bu, kalau memang Pak Jokowi masuk. Nggak apa-apa, Pak Jokowi saja, karena memang untuk Pak Jokowi walaupun ada selisih harga, merupakan suatu kebanggaan tersendiri."

Kasi Kesehatan Dinas Peternakan Rembang, Wahyuni Indarwati, menjelaskan sapi tersebut adalah yang terbaik di antara tiga pilihan. "Ini kan ada beberapa nominasi. Kebetulan ini yang di Jawa Tengah nomor satu. Paling tinggi."

Sapi kurban Jokowi dari Rembang akan diserahkan kepada Masjid Baitul Amin, Grobogan Jawa Tengah, untuk disembelih sebagai hewan kurban. (rohim/nal/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral