Petugas Temukan Cacing Hati pada Sapi Kurban di Banyumas.
Sumber :
  • Sonik Jatmiko

Awas, Cacing Hati Ditemukan di Hewan Kurban

Rabu, 21 Juli 2021 - 12:15 WIB

Banyumas, Jawa Tengah - Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menemukan cacing pita di dalam organ dalam sapi kurban. Temuan hewan parasit tersebut terungkap, saat petugas melakukan pemeriksaan terhadap satu per satu hewan kurban sesaat setelah prosesi penyembelihan, di Rumah Potong Hewan (RPH) Purwokerto, Desa Tambaksari Kidul, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Petugas menemukan cacing pita mengendap di bagian hati sapi kurban. Petugas pun langsung menyita dan memusnahkan hati sapi yang sudah terjangkit cacing pita dan bernanah, karena bisa membahayakan kesehatan manusia bila dikonsumsi.

"Ada kita temukan di hati sapi. Itu langsung dagingnya yang terjangkit cacing pita kita musnahkan. Sementara sebagian daging yang masih bisa dikonsumsi ya tidak apa-apa," kata drh. Sariyati, di RPH Purwokerto, Rabu (21/7).

Sariyati menyatakan, bila daging dimasak sempurna hingga benar-benar matang, maka cacing pita akan mati. Namun, pada orang-orang tertentu, cacing pita bisa mengakibatkan mual, muntah, dan pusing.

"Cacing pita ini kan hewan parasit, kalau masaknya sempurna maka akan mati dan tidak jadi masalah. Tapi di kasus orang-orang tertentu, bisa menyebabkan mual, muntah, dan pusing. Jadi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, petugas langsung memusnahkannya," katanya. (sonik/mps/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
Viral