Almarhumah Lily Chodijah Wahid.
Sumber :
  • Antara

Mengenang Lily Wahid dan Jejaknya di Kancah Politik Nasional

Selasa, 10 Mei 2022 - 13:38 WIB

Jakarta - Senin, 9 Mei 2022 Lily Chodijah Wahid menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Lily Wahid merupakan adik kandung dari Presiden ke-4 Republik Indonesia, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Tentu bagi para penikmat politik, nama Lily Wahid sudah tidak asing lagi. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Syuro DPP PKB dan di tahun 2009 menjadi anggota Komisi I DPR RI. Selain itu, Lily pernah mendapatkan penghargaan sebagai Politisi Wanita Terpopuler 2010 versi Uvolution Indonesia.

Untuk mengenal lebih dekat, berikut beberapa jejak Lily Wahid dalam kancah perpolitikan Indonesia.

Ketika remaja Lily Wahid sudah tertarik dengan dunia politik. Setelah lulus SMA beliau sempat akan dicalonkan menjadi Caleg. Namun pencalonan itu batal dan Lily Wahid memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang Perguruan Tinggi.

Keluarga Wahid Hasyim memang terkenal cukup dekat dengan dunia politik, termasuk Lily Wahid. Sehingga beliau mendapatkan dukungan penuh dari keluarga ketika memutuskan untuk terjun ke dunia politik.

Dalam arena politik nasional, Lily Wahid dikenal sebagai pribadi yang berpendirian teguh dan tegas. Beliau menganggap bahwa tujuan dari politik adalah untuk kemakmuran rakyat. Dengan prinsip kejujuran, Lily Wahid tidak pernah takut untuk menyampaikan kebenaran.

Pertama kali nama Lily Wahid dikenal masyarakat luas ketika Muktamar Ancol pada tahun 2008. Saat itu beliau mendukung kepengurusan PKB yang menjadikan Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum dan Lukman Edy sebagai Sekjen. Kemudian Lily Wahid selanjutnya mendapatkan posisi sebagai Wakil Ketua Dewan Syuro DPP PKB.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral