Acara Rakernas 2022 Partai Pelita di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara.
Sumber :
  • Antara/Tri Meilani Ameliya

Soal Rencana Koalisi, Partai Pelita: Masih Fokus Verifikasi

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:32 WIB

Jakarta - Partai Pelita baru saja mengadakan acara Rakernas 2022 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, pada Senin (16/5/2022) kemarin.

Partai Pelita pertama kali dideklarasikan oleh Din Syamsuddin, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Februari 2022 lalu. 

Melalui siaran langsung pada kanal Youtube resmi Partai Pelita, Din Syamsuddin selaku Ketua Majelis Permusyawaratan Partai (MPP) Partai Pelita menjelaskan, bahwa motif utama terbentuknya Partai Pelita adalah untuk membenahi kerusakan struktural maupun moral yang menyimpang dari Pancasila dan UUD 1945.

"Adanya segelintir orang yang diberi amanah jabatan, tetapi digunakan untuk menjarah aset nasional, inilah kerusakan struktural yang harus kita ubah," kata Din dalam acara Rakernas tersebut.

Din mencontohkan sistem politik Indonesia saat ini yang masih jauh dari penerapan nilai pancasila, terutama dengan sila keempat Pancasila. Selain itu, sistem perekonomian juga justru melahirkan kesenjangan dimana oligarki ekonomi bersekongkol dengan oligarki politik.

Partai Pelita sudah memiliki Surat Keputusan Pengesahan Badan Hukum dari Kementerian Hukum dan HAM. Saat ini, partai sedang fokus pada verifikasi administrasi dan faktual agar dapat menjadi peserta Pemilu 2024.

Terkait koalisi, Din mengatakan bahwa Partai baru akan membahasnya setelah proses verifikasi selesai.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
03:03
02:36
08:00
Viral