Ilustrasi - Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara..
Sumber :
  • tim tvOne,Ahmad Sukri

Harga Tes PCR di Bandara Kualanamu Turun Begini Rinciannya

Kamis, 19 Agustus 2021 - 10:57 WIB

Deli Serdang, Sumatera Utara - Harga Tes Polimerase Chain Reaction (PCR) dan juga Tes Swab Antigen di Bandara Internasional Kualanamu, turun menjadi Rp525 ribu sedangkan tes Antigen Rp125 ribu. Tarif baru ini berlaku mulai Rabu 18 Agustus 2021 kemarin dengan hasil 1x24 jam.

"PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara Kualanamu telah berkoordinasi dengan Farmalab dan juga PT Sumatera Siberia Kompania selaku penyedia fasilitas kesehatan yang menjalankan Airport Health Center untuk menurunkan tarif RT-PCR menjadi Rp525 ribu sejalan dengan SE dari Kemenkes," kata Manager of Branch Communication & Legal Bandara Kualanamu, Chandra Gumilar Saat dikonfirmasi Kamis Pagi.

Candra menyebutkan, penurunan tes covid-19 bukan hanya PCR saja, tapi antigen harganya juga turun yang diberlakukan semenjak kemarin Sore. "Tes antigen turun menjadi Rp125 ribu," sebutnya. 

Candra menambahkan, PT Angkasa Pura II mendukung semua langkah pemerintah dalam penanganan pencegahan COVID-19 guna mempercepat testing dan tracing yang bertujuan mendorong percepatan pemulihan ekonomi Nasional.

"Kami mendukung penuh kebijakan dari pemerintah. Selama ini layanan tes kesehatan covid-19 dioperasikan sebagai fasilitas untuk calon penumpang pesawat supaya dapat memenuhi protokol kesehatan di tengah pandemi," pungkasnya. 

Sebelumnya batas tarif tertinggi untuk pemeriksaan Swab RT-PCR sebesar Rp 900.000 dan untuk Tes swab antigen berkisar Rp 200.000, namun belakangan Presiden Joko Widodo telah meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk menurunkan harga tes PCR untuk Covid-19. Menurut Jokowi, menurunkan harga tes PCR merupakan salah satu cara untuk memperkuat dan mempercepat pengetesan kasus Covid-19. (Sukri/ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
04:29
Viral