Ketua KPU Hasyim Asy'ari di Mamuju, Sulawesi Barat.
Sumber :
  • Gusni Kardi

Ketua KPU RI Minta Pemprov Sulbar Beri Dukungan Dana untuk Gelaran Pemilu Serentak Tahun 2024

Jumat, 3 Juni 2022 - 08:44 WIB

Mamuju, Sulawesi Barat - Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, saat rapat koordinasi dengan Forkopimda Sulbar, di Kantor KPU Sulbar, di Mamuju, Jumat (3/6/2022) minta kepada Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik, agar dalam pagelaran pemilu serentak yang digelar pada tahun 2024 mendatang, KPU didukung dana.

"Dukungan dana untuk pagelaran pemilu serentak untuk Pilgub dan Pilbup (Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Bupati). Untuk Pilpres dan Pileg (Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif) sudah dianggarkan di APBN," jelas Hasyim Asy'ari

Lebih jauh dia menjelaskan, selain dukungan dana KPU juga membutuhkan dukungan data dari Dukcapil. Serta netralitas ASN selama pagelaran pemilu serentak tersebut berlangsung. Terakhir KPU juga membutuhkan dukungan keamanan.

"Tanpa dukungan serius dari Pemprov Sulbar, pagelaran pemilu serentak bisa berjalan tidak sesuai dengan harapan," ujarnya.

Besaran dana yang dibutuhkan KPU Sulbar untuk mendukung pemilu serentak khususnya pilgub pada tahun 2024 lalu berkisaran Rp 300 miliar lebih. Proposal anggaran yang dibutuhkan KPU Sulbar tersebut kini sudah diserahkan kepada pihak Pemprov Sulbar.

Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik, menyikapi permintaan Ketua KPU RI dalam rapat koordinasi dengan Prokopimda Sulbar, akan mendukung sepenuhnya gelaran pemilu serentak yang akan digelar pada tahun 2024 mendatang.

Menurut Akmal, proposal dana yang diajukan oleh KPU Sulbar untuk sementara masih dipelajari.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:21
02:44
09:37
02:52
04:28
07:37
Viral