Luhut Binsar Pandjaitan berfoto di kawasan Candi Borobudur.
Sumber :
  • Dok. Menko marves

Harga Tiket Candi Borobudur Rp750 Ribu, Luhut: Ini Belum Resmi

Senin, 6 Juni 2022 - 11:37 WIB

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menanggapi protes masyarakat terkait kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur untuk turis lokal. Ia menegaskan harga tiket sebesar Rp750 ribu itu belum diresmikan, sehingga masih bisa mengalami perubahan.

Rencana kenaikan harga tiket Candi Borobudur itu disebut akan dilakukan pembahasan lebih lanjut dan diputuskan oleh Presiden minggu mendatang.

"Saya mendengar banyak sekali masukan masyarakat hari ini terkait dengan wacana kenaikan tarif untuk turis lokal. Karena itu nanti saya akan minta pihak-pihak terkait untuk segera mengkaji lagi supaya tarif itu bisa diturunkan," ungkap Luhut.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menaruh perhatian lebih kepada warisan budaya Indonesia ini.

Di sisi lain, mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI pada Kabinet Kerja Joko Widodo ini memutuskan untuk tidak merubah kenaikan harga tiket bagi turis asing, yaitu sebesar 100 Dolar AS. Kemudian untuk harga pelajar tetap Rp 5 ribu dan Rp 50 ribu bagi non pelajar khusus masuk ke area kawasan Candi.

Lebih lanjut, mantan Kepala Staf Kepresidenan periode 2014-2015 itu mengatakan pihaknya akan menerima seluruh masukan dari masyarakat. Pihaknya juga akan mempertimbangkan untuk menyediakan harga khusus bagi warga Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. (syf/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral