Jokowi dalam pembukaan Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022.
Sumber :
  • YouTube/Sekretariat Presiden

Belanja Produk Impor Dari Pajak Rakyat, Jokowi: Bodoh Sekali Kita!

Selasa, 14 Juni 2022 - 17:43 WIB

Jakarta - Pembukaan Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022 baru saja berlangsung siang tadi (14/6). Acara tersebut ditayangkan secara langsung melalui layanan streaming kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyinggung soal anggaran belanja pemerintah yang cenderung digunakan untuk membeli produk impor dibandingkan dengan produk dalam negeri.

"Ini uang rakyat, uang yang dikumpulkan dari pajak, baik PPN, PPH badan, PPH perorangan, PPH Karyawan, dari pihak ekspor, dari PNBP, dikumpulkan dengan cara yang tidak mudah, kemudian belanjanya belanja produk impor. Bodoh sekali kita," ujar Jokowi, seperti yang dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (14/6/2022).

Jokowi menjelaskan bahwa saat ini banyak produk dalam negeri yang memiliki kualitas yang bagus dan juga murah. Ia memberi contoh mesin jahit impor yang memiliki harga Rp 13 juta, sedangkan di tanah air hanya Rp 12,8 juta.

"Apa sih bedanya? Lebih murah jelas! Sudah tutup mata beli yang PDN itu. Enggak ada alasan," lanjut Jokowi.

Jokowi juga mengajak pemerintah untuk tetap membeli produk dalam negeri meski memiliki harga yang lebih mahal.

"Alat mekanik, yang impor harganya Rp 22,9 juta, yang dalam negeri harganya Rp 28 juta, beli tetap yang PDN. Jangan alasannya lebih murah, yang impor lebih murah, enggak. Terpaut sedikit tetap beli yang produk dalam negeri. Karena nilai tambah ada di dalam negeri, lapangan kerja ada di dalam negeri. Enggak ada alasan!" tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:56
07:36
01:53
01:21
01:08
01:52
Viral