Ilustrasi Hewan Ternak.
Sumber :
  • Pixabay

Pernularan Virus Penyakit Mulut dan Kuku Semakin Merebak, Perhatikan Penyebab Penularan Pada Hewan Ternak

Rabu, 15 Juni 2022 - 22:59 WIB

Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK sendang ramai menjadi perbincangan masyarakat maupun media. Wabah yang menyerang pada hewan ternak ini telah meresahkan masyarakat, terutama di saat menjelang Hari Raya Idul Adha. 

Penyakit ini juga dikenal sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) dengan masa inkubasi selama 1 hingga 14 hari sejak hewan tertulat hingga timbul gejala. 

Seperti yang tertulis dalam laman dkpp.jabarprov.go.id, virus ini dapat bertahan lama di lingkungan dan bersarang pada tulang, kelenjar susu, serta produk susu. Penyakit ini dapat membawa hewan hingga taraf kematian. Tingkat kematian cukup tinggi pada hewan muda atau anak-anak. 

Perayaan hari besar umat muslim, Idul Adha sebentar lagi akan diadakan. Dengan adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) ini, masyarakat mulai kesulitan dalam memilih hewan kurban. 
PMK hingga saat ini masih tidak kunjung reda, sehingga angka suspek yang terkena wabah ini semakin meningkat. 

Baca Juga Perbedaan Fatwa MUI dengan NU

Untuk memilih hewan kurban, salah satu pon penting yang menjadi syarat sah memilih hewan ternak sebagai hewan kurban adalah hewan tersebut sehat dan tidak cacat. 

Untuk menghindari adanya penyebaran wabah PMK pada hewan ternak, sebaiknya para peternak melakukan beberapa anjuran untuk mencegah penularan

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral