Akar Masalah Cak Imin dan Yenny Wahid Gelut di Twitter yang Ungkit Masa Lalu PKB.
Sumber :
  • Syifa Aulia

Akar Masalah Cak Imin dan Yenny Wahid Gelut di Twitter yang Ungkit Masa Lalu PKB

Jumat, 24 Juni 2022 - 20:47 WIB

Jakarta - Hubungan antara Ketua Umum Partai Kebangkitan Bersama (PKB) Muhaimmin Iskandar alias Cak Imin dan Yenny Wahid selaku putri mantan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur kembali memanas.

Keduanya saling menyindir soal luka lama PKB di Twitter kemarin, (23/6/2022). Jauh sebelum konflik mereka di media sosial belakangan ini, hubungan Cak Imin dan Yenny mulai renggang pada 2008 ketika Cak Imin berhasil merebut legalitas PKB dari Gus Dur.

Konflik bermula ketika Cak Imin berkonflik dengan Gus Dur selaku Ketua Dewan Syura PKB saat itu. Cak Imin dipecat Gus Dur dari Ketua Dewan Tanfidz sebab dianggap terlalu dekat dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Atas hal itu, PKB terbagi menjadi dua kubu yakni PKB Cak Imin dan PKB Gus Dur. Kedua kubu tersebut langsung menggelar muktamar luar biasa (MLB). MLB Cak Imin digelar pada 2-4 Mei 2008 di Ancol dengan tujuan menyelamatkan partai.

Agenda tersebut dilakukan tanpa seizin Gus Dur. Hasil MLB itu kemudian disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Cak Imin berhasil menang dari Gus Dur.

Setelah berhasil menguasai PKB, Cak Imin memecat Yenny Wahid selaku Sekjen PKB periode 2005-2010. 

Dalam mengambil alih PKB, Cak Imin membawa kasus itu ke pengadilan. Hal itu dibuktikan dari foto salinan resmi putusan perkara perdata yang diperlihatkan Imron kepada tvonenews.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:36
01:53
01:21
01:08
01:52
01:57
Viral