Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas.
Sumber :
  • tim tvOne

Ganja untuk Medis, Waketum MUI: Harus Sesuai Al-Qur'an dan Hadits

Rabu, 29 Juni 2022 - 16:22 WIB

Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan informasi fatwa terkait penggunaan ganja untuk medis dikarenakan adanya rencana legalisasi ganja untuk masyarakat. 

"MUI akan mengkaji apakah masalah tersebut (ganja medis) memang perlu difatwakan atau tidak kalau sudah ada ayat dan hadis yang melarangnya," ujar Wakil Ketua MUI Anwar Abbas dalam keterangan yang diterima oleh tvOnenews, Rabu, (29/6/2022).

Anwar menerangkan, fatwa tersebut akan disahkan jika ada hukum yang mengatur dalam Al-Qur'an serta sesuai dengan sunah yang ada.

"Seperti bolehkah memakan bangkai misalnya ya tidak perlu ada fatwa karena sdh ada jawaban dan penjeasannya dari  nash (teks)  dari Al-Qur'an dan As-Sunnah yang melarangnya," katanya.

Namun menurut Anwar,  hingga saat ini belum adanya Al-Qur'an yang menjelaskan tentang hukumnya maka ulama terutama komisi fatwa MUI harus mempelajari dan memahaminya.

"Belum ada nash baik dari alquran maupun Al-Hadits yang menjelaskan tentang hukumnya maka ulama terutama komisi fatwa MUI harus mempelajari dan mendalaminya se dalam2nya," ucapnya.

Diketahui, sebelumnya seorang ibu nekat melakukan aksi meminta ganja medis dilegalkan demi pengobatan sang anak yang mengidap lumpuh otak.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:35
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
Viral