Keluarga Jenderal AH Nasution.
Sumber :
  • Wikipedia

Nasution Lolos dari Penculikan G30S PKI, Tapi Tiga Sosok Ini Gugur Sebagai Perisai Sang Jenderal

Kamis, 30 Juni 2022 - 08:18 WIB

Dini hari itu, 1 Oktober 1965, sekira pukul 03.00 pasukan Cakrabirawa mengepung rumah jenderal Nasution di jalan Teuku Umar 40, Ia merupakan target utama penculikan dalam peristiwa bersejarah G30S PKI.

Tapi jalan hidup sang Jenderal yang kenyang dengan banyak pertempuran itu tak berhenti disitu, Ia lolos dari penyergapan di rumahnya, melompat lewat pagar dan bersembunyi di sekitar rumah tetangganya Dr.Leimena.

Sebagaimana yang tulis peneliti asal Amerika Serikat, Victor M. Fic, dalam bukunya "Kudeta 1 Oktober 1965, Sebuah Studi Tentang Konspirasi", pagi itu, pukul 06.00, Jenderal Nasution keluar dari persembunyiannya di sekitar rumah Dr. Leimena di Jalan Teuku Umar 36.

Foto: Jenderal Nasution saat pemakaman pahlawan revolusi, 5 Oktober 1965 (Dok.Film Pengkhianatan G30S PKI)

Ia kemudian masuk lewat pagar ke rumahnya sendiri di Jalan Teuku Umar 40. Kakinya terluka akibat terjatuh dari pagar tembok rumahnya saat berupaya meloloskan diri.

Nasution kemudian dibawa dengan mobil oleh Letnan Kolonel Hidajat Wirasondjaja, Komandan Staf Markas Besar AD, ajudannya Mayor Sumargono dan ipar laki-laki Nasution, Bob Sunarjo Gondokusomo, ke persembunyian baru.

" Mereka khawatir para pembunuh akan terus mengejar Nasution untuk kembali mencoba membunuhnya jika ia dibiarkan di rumahnya atau di sekitar situ. Kekhawatiran mereka ternyata beralasan, karena tidak lama setelah Nasution lolos seorang anggota Tjakrabirawa datang ke rumahnya mencari dia dan menanyakan di mana Nasution." tulis Victor M. Fic.

Demi keamanan dirinya, Sang Jenderal kharismatik yang telah kenyang dengan berbagai pertempuran itu harus tiarap di lantai mobil saat dibawa keluar dari kawasan Teuku Umar. 

Dari lokasi persembunyiannya Sang Jenderal yang terluka itu kemudian menyusun rencana serangan balasan kepada kelompok G30S PKI. Nasution selamat dari upaya pembunuhan, tapi tiga sosok berikut ini harus gugur sebagai perisai sang jenderal.

 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral