Prosesi pemakaman Almarhum Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • Julio Trisaputra

Menpan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia: Sakit Komplikasi Hingga Dimakamkan di TMP Kalibata

Sabtu, 2 Juli 2022 - 08:02 WIB

Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) pukul WIB 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta pada usia 64 tahun.

Menurut keterangan Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Deddy Yevri Hanteru Sitorus, Tjahjo Kumolo menderita penyakit komplikasi.

Politikus senior PDIP itu disebut memiliki benjolan di bagian perut. Benjolan itu kemudian menjalar ke paru-paru dan ginjal.

"Itu yang kami dengar. Jadi bukan sesuatu yang lama diderita karena yang kami tahu beliau hanya asam urat. Sering membuat beliau susah atau merasa sakit kalau bergerak," kata Deddy dalam wawancara virtual, Jumat (1/7/2022).

Hal itu dibenarkan oleh menantunya, aktor Detri Warmanto. Menurutnya, benjolan itu juga menjalar ke liver.

"Ada infeksi di perut terus menjalar ke paru, ke ginjal, ke liver, dan sudah pakai bantu alat pernapasan, alat bantu pacu jantung, cuci darah, segala macam," ungkapnya saat ditemui di rumah duka, tepatnya di rumah dinas Menpan-RB, Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat.

Detri mengatakan, mertuanya itu sempat dibawa ke RSPAD dan RS Harapan Kita, kemudian dirawat di RS Abdi Waluyo. Tjahjo dirawat di rumah sakit selama 13 hari.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral