KPK Lanjutkan Bahas Empat Isu Prioritas di Putaran Kedua ACWG G20.
Sumber :
  • antara

KPK Lanjutkan Bahas Empat Isu Prioritas di Putaran Kedua ACWG G20

Sabtu, 2 Juli 2022 - 16:01 WIB

Jakarta - Deputi Bidang Informasi dan Data Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mochamad Hadiyana mengatakan bahwa KPK akan melanjutkan pembahasan tentang empat isu prioritas yang diusung Indonesia untuk memberantas korupsi dalam pertemuan putaran kedua Anti-Corruption Working Group (ACWG) G20.

"Pada putaran pertama, seluruh delegasi menyatakan dukungannya terhadap empat isu prioritas yang diusung Indonesia. Selanjutnya, kami akan melanjutkan pembahasannya secara lebih elaboratif bersama para delegasi di putaran kedua nanti," kata Hadiyana dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (2/7/2022).

Empat isu prioritas itu terdiri dari atas peningkatan peran audit dalam pemberantasan korupsi, partisipasi publik dan pendidikan antikorupsi, kerangka regulasi dan supervisi peran profesi hukum pada pencucian uang hasil korpsi serta pemberantasan korupsi di sektor energi terbarukan.

Pertemua putaran kedua yang diikuti oleh 20 delegasi dari negara-negara anggota G20 dilaksanakan pada 5-8 Juli 2022 di Nusa Dua, Bali.

Sebelumnya, pertemuan puataran pertama ACWG G20 berlangsung pada 28-31 Maret 2022 dengan dihadiri oleh seluruh delegasi secara virtual.

Lebih lanjut, Hadiyana juga menyampaikan peran audit pemberantasan korupsi akan menjadi isu dalam high level principle (HLP) yaitu dokumen yang telah disepakati diimplementasikan negara-negara anggota G20.

"Nantinya, isu ini akan menjadi dokumen kebijakan yang mengikat dan ditagih implementasinya pada masa mendatang," tambah Ketua ACWG G20 itu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral