Menko Polhukam Mahfud MD.
Sumber :
  • Kemenko Polhukam

Nama Pengganti Tjahjo Kumolo Sudah Dikantongi Presiden Jokowi, Mahfud: Tunggu Lewat Waktu Belasungkawa

Senin, 4 Juli 2022 - 16:48 WIB

Jakarta - Sampai sekarang Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih belum menunjuk siapa yang akan menggantikan posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan-RB setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia.

Walaupun saat ini belum ada pernyataan resmi siapa yang akan menggantikan posisi Tjahjo Kumolo, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa Jokowi sudah tahu dan menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkan penggantinya. Sebab menurutnya, saat ini masih dalam suasana duka. 

"Pak Jokowi pasti sudah tahu dan sudah ada di kantong beliau. Mungkin hanya menunggu lewatnya waktu belasungkawa," ujar Mahfud MD kepada wartawan, Senin (4/7/2022).

Mahfud MD menyatakan yakin bahwa Presiden tahu kriteria bagi siapa yang akan diangkat menjadi menteri. 

"Saya yakin bahwa Presiden mempunyai perangkat penilaian yang lengkap untuk memilih orang yang tepat menjadi menteri untuk diangkat, berdasarkan hak prerogatif presiden," ucapnya.

Namun kembali lagi, penentuan siapa yang akan ditunjuk sebagai Menpan-RB, merupakan hak yang hanya dimiliki Presiden Jokowi. Oleh karena itu, Mahfud mengatakan, dia tidak memiliki hak penilaian apa pun dan siapa pun yang akan menggantikan posisi Tjahjo Kumolo.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada usia 64 tahun di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta pada Jumat (1/7/2022). (aln/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
02:12
Viral