Banjir Bandang berlumpur menyapu rumah warga di di Desa Ludai Kecamatan Kampar Kiri Hulu.
Sumber :
  • Tim tvOne

Banjir Bandang Di Pekanbaru Menyapu Puluhan Rumah Warga

Sabtu, 4 September 2021 - 16:17 WIB

Pekanbaru, Riau - Sedikitnya 21 unit rumah warga rusak dan lebih dari 10 fasilitas umum mengalami kerusakan usai disapu banjir bandang berlumpur, di Desa Ludai, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Pekanbaru, Riau.

“Sedikitnya 21 unit rumah warga rusak. Begitu juga satu unit sekolah, masjid, dan lebih dari 10 fasilitas umum mengalami kerusakan usai disapu banjir bandang berlumpur itu.” Jelasnya Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kampar, Adi Chandra.

Meski Adi bersyukur tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, tapi ia mengingatkan warga untuk tetap waspada karena bencana serupa berpotensi kembali terjadi. Mengingat, cuaca dalam beberapa hari kedepan cenderung tidak bersahabat, berdasarkan perkiraan cuaca dari BMKG Pekanbaru. 

BPBD Kabupaten Kampar dan PTPN V, Sabtu (4/9) mulai bergerak memberikan bantuan untuk selanjutnya diserahkan masyarakat terdampak banjir. Sedikitnya, 150 paket sembako yang berisi beras, gula, minyak dan bahan pangan lainnya disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. 

Namun, tidak mudah menyalurkan bantuan ke Desa Ludai, hal ini dikarena desa tersebut  dikelilingi perbukitan dan hutan. Bahkan, akses yang jauh dari ibu kota dengan jalur air sebagai satu-satunya sarana transportasi, serta listrik yang hanya menyala dari pukul 6 sore hingga 10 malam, menjadi tantangan tersendiri untuk menyalurkan bantuan.

Di Desa Lundai sendiri terdapat 450 jiwa dengan 135 KK, sebagian besar dari mereka bekerja sebagai penyadap karet dengan upah sangat minim. (Arifin/mii)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral