BioSaliva.
Sumber :
  • internet/biofarma.co.id

Tes PCR Covid-19 Dengan Cara Berkumur, Emang Bisa?

Minggu, 5 September 2021 - 19:42 WIB

Jakarta - Tes PCR dengan cara usap (swab test) masih menjadi syarat wajib bepergian jarak jauh. Metode usap hidung dan tenggorokan memang efektif namun tak bisa dipungkiri dapat menyebabkan rasa tidak nyaman.

Untuk mengatasi hal ini, PT. Biofarma kini telah memproduksi alat diagnosa Covid-19 berbasis cairan kumur. Alat ini dinamakan BioSaliva dan disebut memiliki tingkat akurasi 95 persen sehingga dapat digunakan sebagai alternatif PCR kit yang umum digunakan. Usia penyimpanan BioSaliva disebut bisa mencapai dua tahun.

Pengguna BioSaliva umumnya tidak dianjurkan untuk makan dan minum, merokok, serta berkumur dengan cairan mouthwash paling tidak satu jam sebelum diambil sampelnya. Hal ini dikarenakan BioSaliva memang digunakan dengan cara berkumur di tenggorokan bagian dalam.

Sebelum berkumur, pengguna alat deteksi Covid ini diajurkan menarik nafas dalam-dalam lalu diminta untuk mengeluarkan sedikit dahak ke dalam mulut. Setelah melakukan hal tersebut, pengguna BioSaliva harus memasukkan cairan kumur yang tersedia dalam kemasan dan berkumur di tenggorokannya.

Setelah itu cairan kumur tersebut dimasukkan ke dalam sebuah wadah dan siap dicampurkan dengan larutan khusus yang juga tersedia dalam kemasan untuk dikocok bersamaan. Setelah melakukan langkah ini, sampel siap untuk dites di laboratorium. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral