Pastikan Monkeypox Tidak Seganas Covid-19, Menkes: Penularan Cacar Monyet Tidak Semudah Covid-19.
Sumber :
  • tvOnenews

Pastikan Monkeypox Tidak Seganas Covid-19, Menkes: Penularan Cacar Monyet Tidak Semudah Covid-19

Selasa, 23 Agustus 2022 - 09:53 WIB

Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengimbau kepada masyarakat tetap tenang menghadapi temuan kasus pertama penyakit cacar monyet atau monkeypox di Indonesia. Sebab jenis virus ini tidak seganas SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Budi mengatakan bahwa penularan cacar monyet akan lebih sulit jika dibandingkan Covid-19. Penularan cacar monyet bisa terjadi pada saat pasien sudah memiliki gejala. Berbeda dengan Covid-19,  pasien tanpa gejala bisa menularkan kepada orang lain dengan imunitas tubuh yang lemah.

“Cacar monyet sudah terjadi di dunia sebanyak 35 ribu kasus yang teridentifikasi positif. Pada saat yang sama, kasus Covid-19 jumlahnya sudah jutaan pada waktu yang sama," kata Budi Gunadi Sadikin dalam agenda konferensi pers 3rd Health Working Group di Hotel Hilton Nusa Dua, Bali, Selasa (23/8/2022).

Budi mengungkapkan gejala umum pada pasien yang teridentifikasi cacar monyet ditandai dengan adanya bintik dan bernanah. "Kalau belum keluar bintik, dia tidak menular sehingga menghindarinya jauh lebih mudah," ujarnya

Menurut Budi penularan cacar monyet tidak semudah Covid-19 yang menginfeksi secara cepat dalam waktu inkubasi virus maksimal 14 hari melalui droplet atau cairan mulut. Sementara cacar monyet harus ada kontak fisik dengan pasien.

“Kalau orang sakit dan sudah bintik-bintik, jangan sampai ada kontak fisik sama yang bersangkutan," lanjutnya.

Angka kematian akibat cacar monyet, lanjut Budi, sangat rendah. Dari sekitar 35 ribu kasus yang dilaporkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hingga sekarang yang teridentifikasi meninggal mencapai 12 orang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral