Menparekraf Sandiaga Uno..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Kurangi Nonton Drakor dan KPop, Menparekraf Sandiaga Uno Ajak Warga Beralih ke Koplo

Rabu, 31 Agustus 2022 - 08:16 WIB

Sleman, DIY - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak masyarakat untuk mengurangi menonton drama Korea (drakor) serta musik KPop. Sebaliknya, publik harus beralih menggemari drama-drama daerah serta musik dangdut koplo.

Menurut Sandi, produk ekonomi kreatif seperti musik dan film baru memberikan kontribusi terhadap PDB ekonomi kreatif di bawah 25 persen. Sementara produk ekonomi kreatif unggulan Indonesia seperti kuliner, fesyen, dan kriya sudah hampir 70 persen dan menciptakan lebih dari 15 juta lapangan kerja.

"Setelah kita bedah, Indonesia ini merupakan pasar yang sangat menjanjikan, terutama untuk produk-produk musik dari luar negeri, sebut saja salah satunya adalah KPop dan produk-produk film drama Korea," kata Sandiaga Uno usai memberikan pelatihan pengelolaan keuangan kepada pelaku UMKM di Prambanan, Sleman, Selasa (30/8/2022).

Guna menstabilkan neraca, Indonesia harus mampu menciptakan pasokan film dan musik yang berkualitas. Sehingga pasar bisa beralih dan memilih untuk menikmati produk-produk dalam negeri.

"Makanya saya bilang drasun, drama Sunda, tapi kalau di sini bisa juga drajaw, drama Jawa, atau drabat drama Batak, ini banyak peminatnya. Buktinya film Ngeri-Ngeri Sedap sangat diminati, film KKN Desa Penari sangat diminati dan film Pengabdi Setan 2 juga sangat diminati," ungkapnya.

Terkait dengan musik, Sandiaga meminta suplai lagu-lagu bergenre dangdut koplo lebih diperbanyak. Seperti contohnya lagu "Ojo Dibandingke" yang tengah populer saat ini.

Dengan begitu maka masyarakat akan mulai beralih untuk menikmati musik asli Indonesia tersebut. Pihaknya bahkan siap memfasilitasi untuk memperbanyak film drama daerah dan musik koplo di Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
02:12
Viral