Suasana pengisian bahan bakar minyak di SPBU..
Sumber :
  • tvone - fahmi

Berikut Daftar Harga Terbaru Pertalite, Solar, dan Pertamax yang Resmi Naik Siang Ini, Presiden: Kita Ikut Harga Minyak Dunia

Sabtu, 3 September 2022 - 14:28 WIB

Pemerintah resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi siang ini, Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB. Pengumuman kenaikan harga Pertalite, Solar, dan Pertamax ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta.

Dalam mengumumkan kenaikan harga bensin ini Presiden Jokowi didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Menteri Sosial Tri Rismaharini, hingga Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Presiden menyebut kenaikan Pertalite, Solar, dan Pertamax ini mengikuti harga minyak dunia.

"Pemerintah telah berupaya sekuat tenaga untuk melindungi rakyat dari gejolak harga minyak dunia. Saya sebetulnya ingin harga BBM di dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN,” ucapnya.

“Tetapi, anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 telah meningkat tiga kali lipat, dari Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun dan itu akan meningkat terus," imbuhnya.

BBM Bersubsidi Selama Ini Dinikmati Orang Kaya

Lebih lanjut Presiden Jokowi menyatakan bahwa BBM bersubsidi selama ini justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu. "Lebih dari 70 persen subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu, yaitu pemilik mobil-mobil pribadi. Mestinya, uang negara itu harus diprioritaskan untuk memberikan subsidi kepada masyarakat yang kurang mampu," bebernya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral