Pemilik kebun cabai memegang tanaman cabai siap pane.
Sumber :
  • Tim tvOne

Kejam! Lahan Siap Panen Digilas Alat Berat Hingga Rata Dengan Tanah

Kamis, 16 September 2021 - 08:54 WIB

Toraja, Sulawesi Selatan - Tanaman sayur dan cabai siap panen di lingkungan Diallo Palio, KeluraanTarangko, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, digilas  alat berat proyek pembukaan jalan tani.

Pembukaan jalan yang diduga sebagai proyek titipan Dinas Pertanian Pemkab Tana Toraja tersebut, mulai bekerja dan membuka jalan tani dengan tujuan agar akses jalan di wilayah Kelurahan Tarongko bisa terbuka untuk umum.

Sayangnya, proyek tanpa papan informasi itu menyisahkan kesedihan mendalam bagi warga setempat, salah satunya Usa Rante Allo, perempuan lansia berusia 73 tahun. 

Lahan garapan yang menjadi tumpuan hidupnya selama ini, kini rata dengan tanah digilas alat berat oleh para pekerja proyek. Apalagi, tak ada pemberitahuan sebelumnya, sehingga ia tak sempat memanen cabai maupun sayur yang ditanam di kebun seluas kurang lebih enam kali lima belas meter tersebut.

“pekerja proyek tidak pernah menemui saya, apalagi mau menyampaikan, tanaman yang selama ini saya garap untuk biaya hidup, rusak, lahan sudah dipenuhi lumpur." Ucap Usa Rante Allo, sedih.

Sementara itu, penyedia alat berat pada proyek tersebut saat dikonfirmasi mengaku tak tau menahu tentang hal tersebut, ia hanya mengikuti petunjuk dari dinas terkait tentang pekerjaan proyek jalan tani.

“papan proyek pasti ada didinas, inikan program pemerintah dan sudah berjalan, soal lahan warga kami penyedia alat tidak tau, hanya mengetahui ada pekerjaan," tegas Natan pemilik alat berat. (Joni Bone Tonapa/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral