Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • ANTARA

Kala Presiden RI dan AS Bicara Pandemi Covid-19 Sebentar Lagi Berakhir

Minggu, 9 Oktober 2022 - 09:27 WIB

Jakarta - Musibah global pandemi Covid-19 sudah melanda selama dua tahun lebih. Kabar bahwa pandemi Covid-19 mereda dan akan segera berakhir tentunya menjadi harapan banyak pihak.

Presiden Joko Widodo pada acara Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di Jakarta, Senin lalu, mengatakan bahwa pemerintah bakal segera mengumumkan bahwa pandemi Covid-19 sebentar lagi berakhir.

“Pandemi memang sudah mulai mereda. Mungkin sebentar lagi juga akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir,” kata Presiden Jokowi.

Meski demikian, kata Presiden, tekanan terhadap negara-negara di dunia termasuk Indonesia tidak serta merta berakhir. Hal itu karena situasi ekonomi di dunia tidak berada dalam kondisi baik.  

Jokowi mengatakan ketidakpastian ekonomi saat ini sangat tinggi. Hal itu menyebabkan seluruh negara, bahkan negara-negara maju berada pada posisi yang sulit.

“Yang kita lihat ini dunia, pemulihan ekonomi pascapandemi memang belum pada kembali normal, tetapi justeru semakin tidak baik,” ujar dia.

Keberlanjutan situasi sulit pascapandemi itu, kata Jokowi, karena instabilitas geopolitik setelah terjadinya perang di Ukraina. Berbagai dinamika ekonomi global yang terjadi menyebabkan timbulnya ancaman krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral