Tangkapan layar - Anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan, Nugroho Setiawan..
Sumber :
  • youtube Kemenko Polhukam

TGIPF: Momen Pilu Terekam di CCTV Pintu 13 Stadion Kanjuruhan

Minggu, 9 Oktober 2022 - 17:08 WIB

Jakarta - Sepanjang Sabtu (8/10/2022) Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan meninjau langsung ke stadion dan menemui berbagai pihak mengusut tragedi yang menewaskan 131 orang.

Anggota TGIPF Tragedi Kanjuruhan, Nugroho Setiawan, di akun YouTube Kemenko Polhukam, doipantau Minggu (9/10/2022), mengatakan tim telah melihat rekaman CCTV di pintu 13 stadion itu. Dalam rekaman terekam detik-detik penonton tertumpuk dan tewas di pintu 13 itu.

"tadi saya sempat melihat rekaman CCTV kejadian khususnya di pintu 13. Mengerikan sekali," kata Nugroho.

Nugroho mengatakan, saat tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang terjadi, pintu 13 itu terbuka tapi sangat kecil. Pintu itu seharusnya untuk masuk. Saat itu, kata dia, penonton laga Arema FC vs Persebaya berebut keluar dari pintu tersebut.

Nugroho melanjutkan, dalam situasi itu, dari sebagian penonton yang mencoba keluar, ada yang sudah jatuh pingsan. Akibatnya, mereka pun terinjak-injak hingga tewas.

"Situasinya adalah orang itu berebut keluar, sementara sebagian sudah jatuh pingsan, terhimpit, terinjak karena efek dari gas air mata. Jadi ya miris sekali. Saya melihat detik-detik beberapa penonton yang tertumpuk dan meregang nyawa terekam sekali di CCTV," kata Nugroho.

TGIPF Tragedi Kanjuruhan juga telah melihat kondisi korban luka. Nugroho mengatakan efek dari zat yang terkandung dalam gas air mata yang ditembakkan polisi, luka para korban memerlukan waktu paling cepat satu bulan untuk sembuh.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral