Kolaborasi KKP dan Kalikan, Senin (10/10/2022)..
Sumber :
  • Rika Pangesti/tvOne

Dorong UMKM Go Internasional, Kementerian Kelautan dan Perikanan Gandeng Startup Gelar Kontes Ikan Hias Air Tawar

Senin, 10 Oktober 2022 - 16:45 WIB

Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama startup Kalikan akan menggelar kontes ikan hias air tawar skala internasional “KALIKAN EXPO 2022” di Jakarta Internasional Expo pada 14-16 Oktober 2022.

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik Doni Ismanto menuturkan kolaborasi ini bertujuan untuk mendorong lebih banyak lagi produk ikan hias air tawar yang dihasilkan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia untuk bisa menembus pasar global.

Dia menjelaskan ikan hias air tawar merupakan primadona di pasar internasional.
Berdasarkan data, perdagangan ikan hias di pasar internasional 79 persennya adalah jenis ikan hias air tawar.

"Uang yang berputar di ikan hias air tawar itu sangat tinggi. Karena itulah Pak Menteri Sakti Wahyu Trenggono punya perhatian yang besar pada perkembangan ikan hias air tawar," ungkap Doni dalam konferensi pers Kalikan Expo, Senin (10/10/2022).

Doni mengatakan adanya kerja sama KKP dengan startup Kalikan merupakan upaya meningkatkan daya saing sekaligus mempromosikan produk ikan hias Indonesia.

"Kalikan Expo merupakan kerja sama KKP dengan startup Kalikan dalam membantu pelaku ikan hias air tawar yang umumnya kebanyakan UMKM untuk bisa meningkatkan daya saing produknya dan membuka akses pasar untuk teman-teman UMKM go global," tuturnya.

Seperti diketahui, Menteri Kelautan dan Perikanan telah menerbitkan Kepmen KP Nomor 2/2021 perihal penetapan 2 jenis ikan sebagai maskot ikan hias nasional, yakni Ikan Arwana Super Red (Scleropages formosus) sebagai maskot ikan hias air tawar dan Ikan Capungan Banggai (Pterapogon kauderni) sebagai maskot ikan hias laut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral