Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono didampingi CEO Indonesia Ocean Justice Initiative, Mas Achmad Santosa di Gedung Mina Bahari III,.
Sumber :
  • Rika Pangesti

Upayakan Kesejahteraan Nelayan Kecil, Ini Strategi Menteri Kelautan Tingkatkan Keadilan di Laut

Rabu, 12 Oktober 2022 - 10:20 WIB

Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupaya mengoptimalkan pemberdayaan serta kesejahteraan nelayan-nelayan kecil di wilayah pesisir Indonesia. hal tersebut diungkapkan Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono. Menurutnya, pihaknya terus optimis meningkatkan keadilan bagi masyarakat pesisir. 

"Saya sangat yakin dan percaya bahwa ekosistem yang sehat akan menghadirkan kegiatan ekonomi berkelanjutan yang akan berdampak signifikan pada kesejahteraan masyarakat pesisir khususnya para nelayan kecil," ungkapnya di Gedung Mina Bahari III, Kantor Pusat KKP, Selasa (11/10/2022).

Untuk itu, Trenggono menjelaskan, demi tercapainya sejahtera dan adil bagi mereka, KKP berkolaborasi melalui penelitian untuk pemberdayaan nelayan dan pengelolaan pesisir.

Menurutnya, perlindungan dan pemberdayaan nelayan kecil telah menjadi prioritas dalam setiap kebijakan KKP.

"Pemerintah tidak dapat berjalan sendiri. Sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan merupakan kunci keberhasilan pembangunan kelautan dan perikanan," ucap dia.

"Ini adalah wujud kolaborasi dan sinergi yang dilakukan KKP bersama stakeholder untuk menghadirkan peningkatan kesejahteraan dan keadilan bagi nelayan kecil. Tentu hasil kajian ini penting sebagai salah satu referensi menyusun kebijakan dan program kerja ke depan," tambahnya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan, pihaknya memiliki beberapa program ekonomi biru yang diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir, khususnya para nelayan kecil.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral