Webinar BMKG Potensi Gempa Bumi dan Tsunami Jawa Timur.
Sumber :
  • Youtube InfoBMKG

Khofifah Minta Skenario Tsunami 29 Meter di Jatim Tidak Dibesar-besarkan

Jumat, 4 Juni 2021 - 16:25 WIB

Surabaya, 4/6 – Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, meminta awak media untuk  tidak membesar-besarkan prediksi yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengenai ancaman tsunami setinggi 29 meter di wilayah pesisir selatan Jatim. Sebab menurut Khofifah, prakiraan itu tersebut justru membuat masyarakat khawatir.

“Boleh enggak saya minta ndak usah di-blasting yang seperti itu,” kata Khofifah saat diwawancarai usai penyerahan bantuan modal dan gerobak untuk Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) di Masjid Al-Akbar, Surabaya, Jawa Timur.

“Itu kan saya pernah bilang, cuma kan sepertinya kok setelah ini covid belum berhenti penyebarannya cerita lagi soal tsunami atau gempa. Saya minta tolong kepada teman-teman diberikan suasana yang tenang kepada masyarakat,” lanjutnya.

Menurut Gubernur, pihaknya juga telah melakukan mitigasi secara mendetail setelah mendapat paparan dari BMKG untuk mengantisipasi bencana tersebut.

“Sudah dihitung kalau dari sini kira-kira pusat gempa evakuasinya ke mana, evakuasi kira-kira butuh berapa menit, pada ketinggian berapa, sudah sangat detail. Kalau ditanya ke Bupati Pacitan yang lama sudah tahu karena kita sudah beberapa kali rapat virtual dengan pakar dari LIPI, dari ITS,” tambahnya.

Khofifah menuturkan, prediksi yang disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam Webinar Kajian dan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami di Jawa Timur (28/5), juga sudah pernah disampaikan sebelumnya.

“Ingat enggak yang dimitigasi berbeda dengan pusat gempanya waktu di Malang dan Lumajang. Yang dimitigasi waktu itu Pacitan, Muncar, Pancer, Trenggalek, Tulungagung. Sudah lama itu, Bu Dwikorita sudah dua kali datang ke Grahadi mungkin karena kemarin ada hoaks 8,3 skala richter itu kan,” kata Khofifah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:21
05:05
03:27
01:36
06:06
01:05
Viral