Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy saat menyambangi kantor BPOM, Senin (31/10/2022)..
Sumber :
  • Istimewa

Kompak, Muhadjir Dukung Langkah Tegas BPOM Sanksi Perusahaan Obat Sirop Mengandung EG dan DEG

Selasa, 1 November 2022 - 09:28 WIB

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mendukung penuh langkah tegas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kepada dua perusahaan yang memproduksi obat sirop mengandung zat kimia berbahaya penyebab gagal ginjal akut.

Langkah tegas BPOM itu dilakukan sekaligus menjawab pertanyaan publik terkait pihak yang bertanggung jawab memproduksi dan mengedarkan obat sirop mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) itu.

"Saya yakin semua langkah BPOM sudah tepat, terukur dan sistematis untuk memastikan siapa yang salah dan siapa yang terimbas pengaruh akibat kasus ini,” ujar Muhadjir dalam keterangannya, Selasa (1/11/2022).

Kemarin, Senin (31/10/2022), Muhadjir juga mengecek langsung pengujian obat sirop yang diduga mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) di laboratorium BPOM.

"Saya tadi melihat langsung proses pengujian di laboratorium BPOM terhadap beberapa obat terutama sirop yang diduga kuat mengandung EG dan DEG,” kata Muhadjir.

Dia juga mendorong agar kasus obat sirop yang mengandung bahan pelarut yang melebihi ambang batas harus ditindaklanjuti, apakah merupakan cemaran atau ada kesengajaan.

“Karena sejak dari sananya bahan penolong ini cukup tinggi dosisnya. Secara detail tadi dapat informasi dari lab, itu kandungannya bisa dilihat berapa ambang batas minimumnya," ucap Muhadjir.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
Viral