Ilustrasi.
Sumber :
  • shutterstock

Bareskrim Datangi PT Afi Pharma Cek Produksi Obat Terkait Gagal Ginjal Akut

Kamis, 3 November 2022 - 17:00 WIB

Jakarta - Pihak kepolisian memastikan PT AFI Pharma sementara waktu menghentikan operasionalnya akibat ditemukan cemaran pada bahan baku pembuatan obat sirop paracetamol dengan kandungan Etilen Glikol (EG) yang menjadi penyebab gagal ginjal akut. 

Hal itu diungkapkan Direktur Tindak Pidana Tertentu (Ditipidter) Bareskrim Polri, Brigjen Pipit Rismanto. 

Menurutnya penghentian operasional dilakukan pihak perusahaan farmasi itu di tengah proses penyidikan kasus gagal ginjal akut yang tengah berjalan. 

"Iya kalau sekarang sih sementara mereka tidak beroperasi ya karena kan semua dalam penanganan penyidikan ya," kata Pipit kepada awak media saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (3/11/2022).

Pipit menuturkan dalam penyidikan tersebut pihaknya turut serta melakukan pemriksaan terhadap sejumlah karyawan dari perusahaan farmasi itu. 

Selain itu pihaknya turut serta menyita sejumlah bahan baku pembuatan obat sirop paracetamol yang diproduksi perusahaan farmasi tersebut. 

"Hasil pemeriksaan kita kan sudah memeriksa 15 saksi, hari ini masih running ya melakukan pendalaman-pendalaman dengan menyita beberapa sampel dari produk, bahan baku. Kita akan uji lab lagi terkait bahan baku yang diduga ada pencemaran EG dan DG," ungkapnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral