Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo.
Sumber :
  • DPR RI

Komisi IX DPR Bentuk Panja soal Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, Ini yang Bakal Ditelusuri

Minggu, 6 November 2022 - 13:05 WIB

Jakarta - Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mengatakan komisinya akan membentuk panitia kerja (Panja) untuk mengusut kasus gagal ginjal akut pada anak.

Ia menjelaskan dalam Panja itu akan mencari tahu terkait kronologis penyakit tersebut muncul hingga tindak lanjut pemerintah.

"Di situ akan melihat bagaimana prosesnya, sejarahnya, kronologisnya, sampai bagaimana penanganan kasus pertama kali, bagaimana reaksi pemerintah pertama kali, dan bagaimana tindak lanjutnya menemukan obat," ujar Politikus PDI Perjuangan itu kepada tvOnenews, Minggu (6/11/2022).

Ia meyakini pembentukan Panja itu akan menemukan titik terang soal pihak yang harus bertanggung jawab dan pihak yang salah.

"Ini akan diusut secara tuntas, secara epidemiologi penyebabnya apa, termasuk obat-obatnya juga apa, dan antisipasinya seperti apa, dan pertanggungjawabannya di mata hukum seperti apa. Nanti akan kita kupas tuntas," tegas Rahmad.

Anggota Dapil Jawa Tengah V ini berharap, melalui Panja masyarakat bisa mengetahui secara jelas soal penyakit ini. Serta bisa memberikan masukan untuk jangka pendek kepada pemerintah. 

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat jumlah temuan kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) di Indonesia mencapai 323 orang per Kamis (3/11/2022).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:06
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
Viral