Jokowi Jangan Pernah Katakan Go Nuklir! Dr Isroil Samihardjo Beberkan Rahasianya.
Sumber :
  • tim tvone/tim tvone

Ingatkan Jokowi Jangan Pernah Katakan Go Nuklir! Dr Isroil Samihardjo Beberkan Rahasianya

Rabu, 30 November 2022 - 20:25 WIB

Jakarta - Istilah go nuklir saat ini kian menyeruak, bahkan beberapa kalangan mengusulkan agar salah satu rekomendasi KTT G20 di Bali adalah go nuklir. Hal itu diungkapkan Pakar Perlucutan Senjata Nuklir, Dr Isroil Samihardjo, secara tertulis kepada tvonenews, Rabu (30/11/2022). 

Kemudian, Dr Isroil Samihardjo menyatakan, bahwa tidak munculnya rekomendasi go nuklir dari KTT G20 di Bali adalah sangat tepat. 

"Bahkan sebaiknya Presiden Jokowi tidak perlu mengeluarkan pernyataan go nuklir, kapan pun juga, karena sejatinya Indonesia sudah go nuklir sejak tahun 1950an," beber Dr Isroil Samihardjo.  

Selain itu, dia juga jelaskan, bahwa Indonesia saat ini memiliki tiga reaktor nuklir; yaitu Reaktor TRIGA Mark II di Bandung yang dibangun tahun 1961, Reaktor Nuklir Kartini di Jogjakarta yang dibangun tahun 1974, dan Reaktor GA Siwabessy di Serpong yang dibangun tahun 1983.

"Nah, ketiga reaktor nuklir tersebut hingga saat ini masih berfungsi sangat baik dan Reaktor Serpong adalah merupakan reaktor nuklir terbesar di Asia Tenggara," ungkapnya.

Di samping itu, menurut Isroil, bahwa mengembangkan dan membangun pembangkit listrik tenaga nuklir di Indonesia adalah suatu keniscayaan. 

Akan tetapi, ia ucapkan, bahwa membuat pernyataan go nuklir adalah kurang tepat bahkan akan kontra produktif dengan upaya pembangunan reaktor itu sendiri.  

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral