Situs Kumitir.
Sumber :
  • Tim tvOne

Istana Kota Raja Majapahit Bakal Terungkap, Situs Kumitir Kuncinya

Minggu, 3 Oktober 2021 - 11:34 WIB

Mojokerto - Dimana letak Istana Kota Raja Majapahit sesungguhnya? Ternyata temuan Situs Kumitir Merupakan Kunci Untuk Membuka Istana Kota Raja Majapahit sesungguhnya. Sebelumnya ini menjadi pertanyaan puluhan tahun bahkan ratusan tahun lamanya, Selama ini para ahli sebatas meyakini Kota Raja Majapahit atau Wilwatiktapura berada di Trowulan, Terori tersebut juga di dukung oleh catatan Sekertaris Laksamana Ceng Ho, Yaitu Ma Huan dari Tiongkok.

Ketua Tim Ekskavasi Situs Kumitir dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur. Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, Dengan temuan Situs Kumitir ini sesungguhnya merupakan kunci untuk mengetahui atau membuka dimana letak sesungguhnya Istana Kota Raja Majapahit.

“Selama ini para ahli sebatas meyakini kota raja majapahit atau wilwatiktapura berada di trowulan, Mojokerto. Selain banyaknya situs purbakala yang ditemukan di wilayah ini, Teori tersebut juga didukung catatan sekretaris laksamana ceng ho, Ma Huan dari tiongkok”. ungkap Arkeolog Wicaksono.

Hanya saja, Selama puluhan tahun belum satu pun ditemukan bukti arkeologi istana majapahit, Oleh sebab itu, Situs kumitir kini bisa menjadi jawaban pertanyaan tersebut.

"Ketika situs kumitir ditemukan, kami duga istana timur majapahit karena dikelilingi dinding atau benteng seluas enam hektare. merujuk pada peta rekonstruksi peneliti belanda tentang posisi situs kumitir, serta naskah negarmetergama, cocoklah situs kumitir adalah istana timur majapahit. Bila ini benar istana timur, maka kami bisa mencari istana barat," Tegas Wicaksono.

Sementara ini, Para Arkeolog B-P-C-B dan beberapa peneliti mendapatkan gambaran bahwa pada kota Raja Majapahit ada dua istana, Istana Barat dan Timur. Karena pada masa Tribhuwana Tunggadewi dia mempunyai adik yang sama-sama mempunyai hak, Dikuatkan juga Istana Timur yang kami duga Situs Kumitir ini, Dengan harapan menciptakan kerukunan pada masa majapahit. Tantangan ke depan bagaimana kita menemukan istana barat milik Tribhuwana Tunggadewi yang diteruskan oleh Hayam Wuruk. Ika Nurulla/Ner

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral