Robert Jaweng menyampaikan laporan dalam konferensi pers Ombudsman.
Sumber :
  • Youtube Ombudsman RI

Ombudsman: Respon Kemenkes Lamban Terhadap Kasus Gagal Ginjal Pada Anak

Jumat, 16 Desember 2022 - 09:21 WIB

Jakarta - Ombudsman RI melakukan investigasi terhadap Kementerian Kesehatan (Kemenkes) buntut kasus gagal ginjal pada anak. Terbukti, Ombudsman menemukan maladministrasi yang dilakukan oleh kemenkes dalam penanganan kasus tersebut.

Kemudian, karena kasus gagal ginjal akut pada anak terdapat 255 kasus dan setidaknya 143 anak meninggal dunia.

Kemenkes dinilai kurang responsif dan tidak langsung menetapkan kasus ini sebagai kejadian luar biasa (KLB) sehingga pemerintah lamban dalam penanganan kasus ini.

“Kami menemukan bahwa Kemenkes tidak menindaklanjuti kasus GGAPA pada anak sebagai KLB sehingga berdampak pada pasifnya respon pemerintah dalam menindaklanjuti kasus tersebut sebagaimana standar penanganan KLB,” ucap Robert dalam konferensi pers Ombudsman, Kamis (15/12/2022).

Lebih lanjut, Kemenkes dianggap kurang cakap dalam menginformasikan kasus ini kepada fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan untuk mengurusi tata laksana dan penanganan GGAPA.

“Kami menemukan bahwa Kemenkes tidak kompeten dalam mensosialisasikan dan menegakkan peraturan secara luas terhadap fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan tentang tata laksana dan manajemen klinis GGAPA pada anak akibat EG dan DEG,” lanjutnya.

Selanjutnya, Kemenkes dianggap tidak cepat tanggap dan tidak segera melakukan pendataan sejak kemunculan GGAPA pada anak.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:29
07:25
11:35
08:19
01:05
04:14
Viral