Ilustrasi Gedung KPU.
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Julio Trisaputra

KPU Diminta Adil, Coret Tiga Partai yang Diduga Diloloskan Karena Instruksi Komisioner KPU Idham Holik

Jumat, 23 Desember 2022 - 13:34 WIB

Jakarta-  KPU diminta bersikap adil dengan mencoret tiga partai seperti Partai Gelora, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan Partai Garuda sebagai peserta Pemilu 2024 selayaknya Partai Ummat. Pasalnya ketiga partai tersebut diduga lolos setelah ada instruksi dari Komisioner KPU pusat, Idham Holik terhadap semua KPUD di seluruh Indonesia.

Instruksi itu berisi agar meloloskan Partai Gelora, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), dan Partai Garuda sebagai peserta Pemilu 2024. Ancaman itu disampaikan sendiri dikabarkan terjadi di dalam rapat konsolidasi Nasional KPU dengan KPUD seluruh Indonesia di Ancol, Jakarta.

"Salah satu anggota KPU RI mengatakan ini adalah arahan yang harus dilaksanakan. Atau nanti akan dimasukkan ke rumah sakit," kata salah Salah seorang komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) yang enggan disebut namanya itu, Jumat, (23/12/2022).

Menurut saksi tersebut, Idham dalam forum resmi itu tak menyebutkan spesifik instruksi tersebut. Dia hanya menyebut bahwa instruksi itu telah disampaikan KPU provinsi.

Dia tak mengerti maksud rumah sakit yang disampaikan Idham. Namun, arahan itu menurut saksi disampaikan tidak dalam konteks candaan.

"Kita diperintahkan untuk meng-MS-kan [meloloskan] semua, kabupaten/kota ini di kabupaten/kota walaupun mereka tidak memenuhi syarat," papar saksi.

Selain mengancam bakal mengirim petugas KPUD ke rumah sakit, kata dia, Idham juga mempersilakan anggota KPU daerah keluar jika tidak mengikuti instruksi pusat dan provinsi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:00
02:28
03:46
00:53
01:49
01:23
Viral