Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto..
Sumber :
  • Antara

Dugaan Penyelewengan Dana Bencana Bupati Cianjur, Anggota Komisi III DPR: Sulit Diterima Akal Sehat

Selasa, 27 Desember 2022 - 13:44 WIB

Jakarta - Anggota Komisi III DPR Didik Mukrianto ikut menanggapi soal dugaan penyelewengan dana bantuan bencana gempa oleh Bupati Cianjur Herman Suherman.

Politikus Partai Demokrat itu menilai tindakan Bupati Cianjur Herman sangat sulit diterima akal sehat jika terbukti melakukan penyelewengan.

"Keprihatinan yang sangat mendalam jika benar telah terjadi penyelewengan dan penyimpangan atas bantuan kemanusiaan yang dilakukan oleh Kepala Daerah. Jika benar demikian, tentu tindakan demikian adalah moral hazard yang susah diterima dengan akal dan logika sehat," ujar Didik dalam keterangan tertulis, Selasa (27/12/2022).

Dia meminta kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menindaklanjuti laporan masyarakat itu jika bukti awal yang dirasa cukup.

"Bisa dimulai dari governance, transparansi dan akuntabilitas tata kelola bantuan termasuk penerimaan, pemanfaatan dan tanggung jawabnya," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Cianjur Herman dilaporkan ke KPK pada 16 Desember 2022 atas dugaan penyelewengan dana bantuan asing korban gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat.

Acsenahumanis Respon Foundation sebagai pelapor menyebut Herman diduga menyelewengkan bantuan yang diberikan oleh Emirates Red Crescent.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:20
11:14
04:24
04:36
09:59
01:57
Viral