Jaksa Agung RI TB Burhanuddin.
Sumber :
  • Kejaksaan Agung RI

Singgung Kasus Pelecehan Seksual di Lahat, Jaksa Agung: Dibutuhkan Kepekaan Hati Nurani Jaksa

Kamis, 12 Januari 2023 - 20:43 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Jaksa Agung TB Burhanuddin sebut dibutuhkan kepekaan para penegak hukum khususnya jaksa dalam menangani setiap perkara. 

Pasalnya selama ini masih banyak jaksa yang terjebak dengan tugas, fungsi, dan wewenang yang diembannya sehari-hari. 

Sering kali dalam proses penegakan hukum, hanya berpatokan pada proses formalistik (keadilan formalistik) angka-angka yang ada dalam peraturan perundang-undangan tanpa melihat segala aspek pertimbangan yuridis, teknis, sosiologi, budaya (culture) dan local genius yang berkembang di masyarakat. 

"Pertimbangan yuridis, teknis, sosiologi, budaya (culture) dan local genius merupakan kolaborasi disebut dengan keadilan substantif atau dikenal hati nurani," kata Jaksa Agung ST Burhanuddin di Jakarta, Kamis (12/1/2023).

Pada setiap kesempatan, ST Burhanuddin baik sebagai pimpinan tertinggi penegak hukum di bidang penuntutan dan sebagai akademisi menyampaikan betapa pentingnya kepekaan hati nurani jaksa dalam penanganan perkara.  

“Hati nurani tidak ada dalam buku, hanya ada dalam sanubari setiap insan manusia. Untuk itu kepekaan penegak hukum sangat dibutuhkan dalam menangani setiap perkara," tuturnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral