Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Manado KH Yaser Bachmid, saat melakukan bimbingan manasik haji, di Manado, Sulut, Selasa (29/11/2022)..
Sumber :
  • ANTARA

Banyak Yang Belum Paham, Kemenag Bakal Siapkan Video Manasik Haji di Pesawat dan Hotel Jamaah

Senin, 6 Februari 2023 - 12:07 WIB

Jakarta - Kementerian agama akan menyiapkan video berisi bimbingan manasik haji di setiap pesawat yang mengangkut jamaah haji serta di setiap hotel di Arab Saudi. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief di Jakarta, Senin (6/2/2023).

Hilman mengatakan langkah tersebut dilakukan karena masih banyak calon anggota jamaah haji yang belum memahami terkait manasik haji dengan baik.

"Masih banyaknya jamaah yang masih belum memahami manasiknya dengan baik, karena memang waktu terbatas dan sebagian besar sudah mendapatkan manasik dua tahun sebelumnya bahkan pada masa pandemi lalu," kata Hilman.

Ia mengatakan Kemenag akan menyediakan fasilitas bimbingan manasik tersebut dari Indonesia, saat diperjalanan (pesawat), hingga ketika di Arab Saudi. Kemenag sudah memasukkan penayangan video manasik itu ke dalam kontrak dengan pihak maskapai maupun hotel-hotel di Arab Saudi.

Dalam video tersebut, katanya, berisi sejumlah materi bimbingan manasik yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh setiap anggota jamaah.

"Video tersebut akan berisi 'do and don’t' (yang boleh dan tidak boleh dilakukan dengan jamaah dan petugas)," kata dia.

Di sisi lain, ia menyebut pada musim haji tahun 1444H/2023M terdapat sekitar 62 ribu orang anggota jamaah haji lanjut usia (lansia) yang harus difasilitasi dan dilayani, baik dari aspek ibadah maupun layanan lainnya. Para jamaah lansia ini akan dilayani oleh petugas haji khusus.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral