Pementasan Hari Wayang Dunia IX yang diadakan di Pendhapa Ageng K. G. P. H. Djoyokusumo, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, pada Rabu (01/10)..
Sumber :
  • Dok. Meutia Rafa Anandita

Kikis Tunggarana, Dalang Koprol dan Video Internet

Sabtu, 4 November 2023 - 18:58 WIB

Lakon “Kikis Tunggarana” menceritakan kisah perebutan wilayah Tunggorono yang diakibatkan karena kesalahpahaman yang terjadi sejak jaman Prabu Pandu Dewanata.

Wilayah Tunggorono yang sebenarnya berada di area Kerajaan Pringgondani menjadi rebutan antara Boma Narakasura dengan Gatotkaca. 

Lakon ini secara apik dan lugas disuguhkan oleh seorang dalang muda Herjuna Pramariza Fadlansyah atau biasa disapa Pramariza. Ia adalah dalang muda asal Depok mewakili Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA). 

Pramariza belajar Pedalangan secara otodidak, ia memasuki dunia pedalangan dengan tekad yang kuat dan termotivasi oleh Kakeknya.

Pementasan Hari Wayang Dunia IX yang diadakan di Pendhapa Ageng K. G. P. H. Djoyokusumo, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, pada Rabu (01/10). (Ist)

Bermula dari mengikuti kakeknya bermain wayang, ia pun menjadi punya ketertarikan pada dunia pedalangan dan mulai mempelajarinya sendiri lewat video di internet. 

“Aku mulai hobi nonton wayang, suka ikut kakek nonton wayang, dan kakek mulai memfasilitasi aku dengan membelikan alat-alat dan wayang. Dan akhirnya aku bisa tanpa guru dan hanya bermodalkan video dan dvd,” ujar Pramariza.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral