Erupsi Marapi, Catatan Peliputan Donal Chaniago.
Sumber :
  • tim tvone/Donal

Erupsi Marapi, Catatan Peliputan Donal Chaniago

Minggu, 10 Desember 2023 - 13:17 WIB

MINGGU, 3 Desember 2023 saat sedang persiapan mau kembali pulang dari sebuah warung kopi di kawasan Ngarai Sianok, sekitar pukul 14.53 WIB, Saya dikejutkan oleh informasi dari aplikasi pesan, "Marapi Malatuih Gadang". 

Saat itu, tidak terlihat arah gunung Marapi dari arah saya duduk. Saya pun bergegas menuju jembatan titik terbuka agar melihat pasti secara visual apa yang sedang terjadi.

Benar saja, sekitar pukul 15.00 WIB saya menyaksikan langsung semburan abu vulkanik dari puncak gunung, meski sedikit terhalang awan.

Setelah sempat mengabadikan sedikit visual, Saya bergegas menuju pos pemantau Marapi yang berada di Belakang Balok Bukittinggi untuk konfirmasi dan klarifikasi. 

Ternyata memang benar ada erupsi dan tercatat pada seismograf di tempat itu secara detil. Saya pun sembari menyimak laporan warga terkait erupsi yang terjadi barusan.

Setelah wawancara pihak petugas, saya berangkat keliling kota Bukittinggi yang saat itu diguyur hujan abu. Sembari mampir ke apotek untuk membeli masker, melalui gawai masuklah informasi dan terkait sebaran abu di daerah Lasi, kecamatan Canduang, Agam. 

Sembari ambil gambar, saya segera memberikan laporan ke nomor Koordinator peliputan daerah tvOne, bahwa terjadi erupsi. 

Gawai pun langsung merespon, dari ujung sana redaksi meminta saya untuk menyampaikan informasi erupsi Marapi secara langsung melalui layar kaca program Kabar Petang. Saya memilih lokasi untuk siaran langsung (live) di daerah Bukik Batabuah, Canduang.

Usai sudah live report saya di program Kabar Petang, saya kemudian bergegas menuju pos pendakian di daerah batu Palano, Sungai Pua dan be lanjut ke atas. Tak lupa sembari ambil gambar, karena ada laporan pendaki yang terjebak. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:18
03:32
03:17
02:29
01:25
02:52
Viral