Pojok KC - Ilustrasi stop bunuh diri.
Sumber :
  • tim tvonenews.com

Bunuh Diri

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:19 WIB

DAHULU kita mengenal aksi bunuh diri untuk sebuah protes. Sukardal, tukang becak di Bandung mengakhiri hidupnya di usia ke-53 dengan gantung diri di pohon tanjung. Alasannya jelas: becak satu satunya sumber penghidupannya disita petugas Satpol PP Bandung.

Ia melihat becaknya diangkut mobil Satpol PP. Menggandul pada mobil, ia terus berteriak: “Saya mau bunuh diri… Saya mau bunuh diri,” ujar Sukardal dengan suara parau.

Esok paginya ia membuktikan teriakannya. Ia ditemukan tewas gantung diri di bawah pohon tanjung di Jalan Ternate, Bandung. Pada tembok berukuran satu setengah meter tak jauh dari pohon tanjung Sukardal menulis kalimat (lalu dihapus polisi): “Saya gantung diri karena becak saya dibawa anjing tibum". 

Sukardal bunuh diri dengan sebuah alasan yang jelas: perlawanan.

Namun hari-hari ini yang mati sebelum waktunya, yang kita dengar dan baca di media massa, baik melakukannya sendiri maupun berkelompok dalam keluarga, semakin tak terbaca lagi alasannya.Maka kita cemas menyaksikan angka-angka bunuh diri yang merangkak naik setiap tahun. Pusat Informasi Kriminal Nasional Polri mencatat sejak 1 Januari hingga 15 Desember 2023 angka bunuh diri di Indonesia mencapai 1.226 jiwa. Atau rerata setiap hari sedikitnya 3 orang melakukan bunuh diri di Indonesia. Padahal pada 2022 hanya 902 orang, dan pada 2021 hanya sebanyak 629 orang.

Lebih masygul data-data itu bukan mewakili realitas sebenarnya. Yang terjadi diduga jauh lebih tinggi dari pada yang ditera. Semacam fenomena puncak gunung es. Soalnya, dalam masyarakat komunal Indonesia, bunuh diri dianggap aib dan tak ingin dilaporkan ke polisi. 

Tak heran jika hasil penelitian “Indonesia’s First Suicide Statistics Profile: An Analysis of Suicide and Attempt Rates, Underreporting, Geographic Distribution, Gender, Method and Rurality,” terbit Februari 2024 mengungkap fakta, Indonesia memiliki tingkat bunuh diri tidak tercatat tertinggi di dunia, yakni 859 persen.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral