Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Laura Navika Yamani.
Sumber :
  • sandi irwanto

Epidemiolog Unair: Kenali Empat Karakteristik Virus Varian Omicron yang Perlu Diketahui

Rabu, 12 Januari 2022 - 12:17 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Kasus Covid-19 varian omicron di Indonesia pertama kali ditemukan pada Kamis (16/12/21) lalu. Sejak saat itu, jumlah kasus varian omicron di Indonesia terus bertambah setiap harinya.

Salah satu Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair), Laura Navika Yamani, S.Si., M.Si., Ph.D., mengatakan terdapat empat karakteristik virus Covid-19 varian omicron yang membedakan dengan varian lainnya.

Daya Tular Lebih Meningkat Daripada Varian Delta

Laura mengungkapkan sejak varian omicron pertama kali ditemukan di Afrika Selatan, dalam kurun waktu satu minggu saja kasus Covid-19 disana mengalami peningkatan sebanyak dua hingga tiga kali lipat. Hal tersebut yang menjadi dasar bahwa varian omicron perlu diwaspadai karena daya tularnya lima kali lebih cepat apabila dibandingkan dengan varian delta sebelumnya.

“Virus Covid-19 varian delta daya tularnya tujuh kali lebih cepat apabila dibandingkan dengan virus yang pertama kali muncul di Wuhan, sedangkan omicron lima kali lebih cepat apabila dibandingkan dengan varian delta. Jadi bisa dibayangkan bagaimana berbahayanya varian omicron ini,” ungkapnya Laura.

Tingkat Keparahan Lebih Rendah

Laura juga menyebutkan bahwa varian omicron memiliki tingkat keparahan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan varian delta. Tetapi, sambungnya, yang perlu digaris bawahi adalah ketika varian omicron memiliki daya tular yang lebih cepat dan tidak ada langkah antisipasi lebih awal sehingga banyak orang yang terinfeksi maka akan berisiko terjadi penularan yang lebih luas.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:09
02:29
02:19
01:59
05:50
00:36
Viral