Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi persaudaraan Bonek dan Bobotoh..
Sumber :
  • viva - nur faishal

Solusi Cerdas Ridwan Kamil saat 3000 Bonek Geruduk Bandung, Jawab Keraguan Persebaya di Piala Presiden 2022

Senin, 6 Juni 2022 - 20:02 WIB

Bandung, Jawa Barat - Kota Bandung pernah menjadi saksi perjuangan Bonek Mania. Januari 2017 silam, sebanyak 3.000 suporter asal Surabaya berbondong-bondong datang ke Kota Kembang. Tujuan mereka hanya satu, mendengar langsung komitmen federasi untuk mencabut pembekuan atas tim kebanggan mereka. Ridwan Kamil yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Bandung punya solusi cerdas.

Pihaknya membuka pintu Gor Padjadjaran Bandung dan Gor Takraw Lodaya sebagai tempat menginap ribuan suporter Bajul Ijo itu. Sebanyak 2000 orang menempati Gor Padjadjaran, sementara sisanya 500 orang bermalam di Gor Takraw Lodaya.

Yth Bonek dari Surabaya. Mohon jaga ketertiban selama kongres PSSI di BDG. Tempat berteduh kami siapkan di GOR Pajajaran & GOR Takraw Lodaya pic.twitter.com/mCM8LP1G7T

— Ridwan Kamil (@ridwankamil) January 5, 2017

“Teman-teman Bonek silakan datang ke Bandung. Saya cuman titip jaga ketertiban dan kebersihan. Kami percaya Bonek tidak akan mengganggu keamanan dan kenyamanan Kota Bandung,” ujar Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.
Kedekatan hubungan emosional antara Bonek dengan Bobotoh/Viking suporter Persib begitu nampak pada momen perjuangan ini. Tak sedikit dari warga Bandung yang ikut memberikan dukungan moril kepada Bonek, beberapa bahkan nampak mengirimkan nasi bungkus hingga air mineral.

Dalam agenda Kongres Tahunan PSSI saat itu, Andi Peci salah satu pentolan Bonek menyebut pihaknya tidak akan menggelar aksi unjuk rasa di Bandung. “Kami hanya ingin mendengarkan janji PSSI yang akan disampaikan dalam kongres besok untuk memulihkan status Persebaya,” katanya, Sabtu (7/1/2018).

Sebelumnya Bonek menggelar aksi demonstrasi di Jakarta menuntut PSSI agar mencabut sanksi pembekuan atas tim mereka yang sebelumnya dilanda dualisme.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:47
00:49
00:40
01:30
09:45
02:10
Viral