Jembatan Putus Akibat Luapan Sungai Ciputrahaji di Ciamis

Rabu, 28 Oktober 2020 - 21:15 WIB

Ciamis, Klik Disini - Jembatan penghubung antara desa Cikaso dan Desa Sindangrasa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar) putus terseret arus sungai. Jembatan ampera itu putus karena meluapnya air sungai akibat tingginya curah hujan di daerah tersebut. Beruntung saat peristiwa terjadi, tidak ada warga yang melintas di jembatan tersebut, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Kini akses warga di dua desa menuju pusat kecamatan menjadi terhambat. Untuk sementara warga tidak bisa melewati jembatan. Warga di dua desa harus memutar jalan lebih jauh lagi, yakni dengan jarak tempuh lebih dari  tujuh Kilometer untuk keluar masuk desa. Menurut warga sekitar Jembatan Ampera, putusnya jembatan bukan semata-mata hanya karena banjir. Namun, kondisi jembatan juga sudah rapuh.

Akibat banjir luapan dua sungai yaitu Sungai Cikaso dan Ciputra Haji, Selasa kemarin, sedikitnya 500 rumah warga di delapan desa terendam banjir hingga satu meter. Rabu pagi ini, masih tersisa dua desa yang masih tergenang banjir.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Ciamis menetapkan masa siaga darurat bencana tujuh hari serta fokus melakukan penyaluran bantuan dan penyiapan tempat pengungsian bagi korban bencana banjir dan tanah longsor selama kurun itu. "Kami menetapkan status siaga darurat bencana banjir longsor dengan skala prioritas penanggulangan bencana selama tujuh hari," kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah di Ciamis, Rabu. (ari)

(Lihat juga Khabib Nurmagomedov Pensiun Usai Kalahkan Gaethje di UFC 254)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:46
00:53
01:23
00:58
01:36
09:42
Viral