Benarkah Mandi Air Dingin Bisa Meredakan Batuk dan Pilek?

Kamis, 26 Januari 2023 - 15:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Saat sistem imun tengah menurun, berbagai macam penyakit menjadi mudah masuk ke dalam tubuh manusia. Penyakit yang paling sering menyerang seperti batuk dan pilek. 

Batuk adalah respon alami tubuh untuk mengeluarkan benda asing, seperti kuman, virus, debu, atau zat iritatif, dari dalam saluran pernapasan. Sedangkan, pilek yaitu kondisi yang terjadi pada seseorang saat pengidapnya mengeluhkan adanya hidung tersumbat dan berair.

Tak sedikit, saat seseorang terserang batuk dan pilek dirinya menghindari untuk melakukan kegiatan mandi, apalagi mandi dengan menggunakan air dingin. 

Hal ini dikarenakan mandi disebut-sebut dapat memperparah kondisi tubuh yang sedang terserang penyakit atau kondisi tubuh dengan imun yang rendah. 

Namun, tak sedikit juga orang yang mempercayai bahwa mandi dengan air dingin disaat batuk dan pilek menyerang tidak ada masalah sama sekali yang akan berpengaruh untuk kondisi tubuh. 

Manakah hal yang benar diantara keduanya? Simak video berikut, untuk mengetahui penjelasan beserta fakta dan mitosnya. (ayu)  

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral