Jarang Diketahui! Ini Manfaat Jamur Enoki Untuk Kesehatan

Senin, 27 Maret 2023 - 13:00 WIB

Jamur enoki yang juga dikenal dalam bahasa latin Flammulina filiformis dapa merupakan jamur yang populer dan sering dikonsumsi oleh masyarakat.

Jamur enoki terkenal akan rasanya yang lezat dan renyah, serta sering dijumpai dalam hidangan berkuah.

Selain rasanya yang enak, jamur ini juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga mencegah penyakit kanker.

Jamur enoki atau enokitake merupakan jenis jamur yang aman dikonsumsi. Jamur ini berbentuk menyerupai lidi yang bertopi atau seperti tauge berwarna putih kekuningan.

Jamur ini merupakan salah satu jamur yang banyak dibudidayakan di Asia.

Selain diolah menjadi berbagai jenis masakan, jamur enoki sudah sejak lama digunakan untuk keperluan pengobatan, terutama di Cina.

Dikutip dari Alodokter, jamur enoki diketahui kaya akan serat dan rendah lemak, sehingga cocok untuk dimasukkan dalam menu diet harian.

Selain itu, dalam 65 gram jamur enoki mentah juga terkandung air, protein, karbohidrat, magnesium, selenium, vitamin D, zinc, zat besi, niacin, asam pantotenat, tiamin, riboflavin, folat, dan fosfor.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam jamur enoki juga menjadikannya baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa antioksidan yang ditemukan dalam jamur enoki antara lain asam galat, asam ferulat, quercetin, asam klorogenat, pirogalol, dan asam ellagic.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral