Gejalanya Mirip, Apa Bedanya Bell's Palsy dengan Ramsay Hunt Syndrome?

Kamis, 28 Maret 2024 - 18:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Meski Bukan tergolong penyakit baru, masih banyak orang yang belum memahami salah satu penyakit saraf Bell's Palsy. 

Penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan di bagian wajah sehingga wajah terlihat melorot ke bawah.

Bell’s palsy terjadi akibat peradangan pada saraf yang mengendalikan otot wajah.  

Kondisi ini diduga terkait dengan infeksi virus, infeksi telinga tengah, dan penyakit Lyme. 

Bell’s Palsy ditandai dengan kelumpuhan pada salah satu sisi wajah. Keluhan tersebut dapat dilihat dari perubahan bentuk wajah sehingga penderita sulit tersenyum dengan simetris.  

Selain itu, penderita juga dapat mengalami gejala lain, seperti mata berair dan mengiler.

Sedangkan, amsay Hunt Syndrom sempat banyak dibicarakan di berbagai media, karena menimpa salah satu penyanyi terkenal Justin Bieber yang menyebabkan mundurnya konser tour yang sebelumnya telah ditentukan. Namun sebenarnya, apa itu Ramsay Hunt Syndrom?

Ramsay Hunt Syndrom adalah gangguan saraf yang ditandai dengan gejala berupa lumpuhnya saraf wajah, serta munculnya ruam di area telinga dan mulut. 

Pada umumnya, penyakit Ramsay Hunt Syndrom disebabkan oleh infeksi virus Varicella zoster (VZV) yang menyebabkan penyakit cacar air dan herpes zoster (Cacar Api).

Cacar air tersebut biasa menyerang anak-anak dan kelumpuhan serta masalah pendengaran yang ditimbulkan bersifat sementara, namun tidak menutup kemungkinan akan terjadi secara permanen atau seumur hidup. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:02
12:54
01:37
03:14
01:14
02:07
Viral