Jujur, Ini Efek Samping yang Dirasakan Menkes Setelah Suntik Vaksin| lifestyleOne

Rabu, 27 Januari 2021 - 16:30 WIB

Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjalani vaksinasi kedua bersama dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara Rabu (27/1).

Usai disuntikan vaksin yang kedua, Menkes menyebut bahwa tak ada efek samping berat yang dirasakannya, sama seperti tahap awal.

"Sama enggak terasa sakit, seperti yang pertama, alhamdulillah sehat," ujarnya, Rabu 27 Januari 2021.

Mengenai efek samping, Menkes Budi berkelakar bahwa ada keinginan untuk makan terus-menerus. Selebihnya, tak ada efek samping berat yang dialaminya.

"Rasanya jadi pengin makan banyak. Enggak ada yang serius (efek samping)," selorohnya.

Di momen ini, Menkes mengingatkan bahwa vaksinasi bukan menjadi kunci yang membebaskan seseorang dari perilaku hidup bersih dan sehat serta himbauan 3M. Sebab, antibodi baru terbentuk cukup lama agar tubuh mampu melawan virus SARS-CoV-2 itu.

"Setelah suntikan kedua masih butuh waktu supaya antibodi terbentuk, mungkin dua minggu atau tiga minggu. Dan sesudah itu insha allah, risiko kita untuk tertular bisa lebih kecil dan para tenaga kesehatan bisa lebih tenang dalam bekerja," ungkapnya.

Diketahui, Menkes Budi telah mendapat vaksinasi tahap pertama pada tanggal 13 Januari 2021 kemarin. Usai dua pekan, suntikan dosis kedua kembali diberi untuk menambah kekebalan. Di tahap kedua ini, Menkes Budi menegaskan tak ada rasa sakit yang dialami.

Sama halnya dengan prosedur vaksinasi sebelumnya, setiap peserta vaksinasi lebih dahulu melakukan sejumlah tahapan, yaitu tahap penapisan kesehatan, seperti pengukuran suhu tubuh, tekanan darah dan pemeriksaan riwayat kesehatan untuk memastikan penerima vaksin berada dalam kondisi prima dan layak mengikuti vaksinasi untuk dosis kedua ini.

Di samping itu, tampak Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito dan dr. Reisa Broto Asmoro turut serta mengikuti vaksinasi dosis kedua tersebut.   Selepas penyuntikan vaksin, baik kepada Presiden maupun para perwakilan, terlebih dahulu dilakukan observasi selama 30 menit untuk memantau kemungkinan kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI). Seluruh penerima vaksin juga diberikan sosialisasi untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (mii)

 

Lihat Juga:BREAKING NEWS! Jokowi Terima Suntikan Vaksin Sinovac Tahap Kedua | lifestyleOne

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral