Ketahui Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Kanker Prostat | lifestyleOne

Jumat, 19 Maret 2021 - 20:30 WIB

Jakarta - Kanker prostat adalah kanker pada pria yang berkembang di dalam kelenjar prostat. Kanker prostat umumnya ditandai dengan gangguan buang air kecil. Rata-rata penderita kanker prostat berusia di atas 65 tahun. 

Meski kanker ini tidak bersifat agresif dan berkembang secara perlahan, namun tetap saja kita harus berhati-hati. Berikut penjelasan dr. Firtantyo Adi Syahputra Sp.U selaku Spesialis Urologi terkait penyebab, gejala dan cara mengobati penyakit prostat sedini mungkin.

Pada dasarnya prostat berfungsi pabrik komponen air mani seorang pria. Jadi prostat itu mensekresikan atau memproduksi komponen air mani sekitar 20 sampai 25 persen. Selain itu, gangguan pada prostat dapat terjadi karena beberapa hal, diantaranya karena radang atau infeksi pada prostat atau disebut sebagai prostatitis. 

Kedua, masalah yang mungkin terjadi adalah pembesaran prostat jinak. Lalu kemungkinan yang ketiga atau yang paling dikhawatirkan yakni adanya keganasan atau kanker prostat.

Sementara itu, penyebab prostatitis biasanya karena kuman atau bakteri. Bakteri ini seringkali terjadi dari infeksi saluran kemih kemudian naik ke prostat yang menyebabkan infeksi atau radang prostat.

Sedangkan pembesaran prostat jinak disebabkan karena proses aging atau penuaan dimana seorang pria memproduksi terus hormon testosteron atau androgen lalu pada saat seorang pria berusia lanjut biasanya diatas 40 sampai 50 tahun mulai menimbulkan masalah, seperti prostat membesar dan mulai menekan saluran kemih seorang pria.

Kemudian terkait kanker prostat atau keganasan prostat dalam beberapa kasus disebabkan karena kerusakan DNA, yang mana akibat kerusakan DNA ini prostat tumbuh tidak terkendali dan menimbulkan banyak gejala.

Meski begitu, jika berbicara perihal faktor-faktor resiko kanker prostat seringkali penyebabnya karena makanan, diantaranya makanan tinggi lemak dan produk-produk susu dapat memicu kerusakan DNA lebih cepat. Adapula faktor lain seperti merokok serta  paparan zat kimia juga dapat menyebabkan pertumbuhan prostat abnormal sehingga kemungkinan menjadi kanker.

Selain itu, ada faktor lain yakni riwayat prostatitis sebelumnya atau radang di prostat yang dapat memicu prostat berkembang biak. Secara umum faktor resiko penyakit prostat disebabkan oleh lifestyle atau gaya hidup yang kurang baik.

Dalam hal ini, orang yang jarang olahraga pertumbuhan prostat akan lebih cepat dibanding orang yang rutin berolahraga. Tak hanya itu, terlalu sering mengonsumsi junk food atau western food yang kaya lemak menjadi faktor resiko prostat tumbuh lebih cepat. (adh)
 

Lihat juga: 6 Obat Herbal Ampuh Atasi Anemia

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral